Minggu, 25 September 2016

Siluet PKKMB (Part terakhir)


Hari ini merupakan hari terakhir PKKMB, hari ini akan ada Malam Kreasi PKKMB sekaligus peresmian Calon Mahasiswa menjadi Mahasiswa. pagi2nya sedikit berbeda suasananya, sebelum mulai materi, Presiden BEM memberi tahu bahwa kemarin ada 3 orang yang datang ke presiden, mereka minta maaf tentang celetukan "tidur2an" tapi bukan mereka pelakunya, dan 3 orang itu diberi applause oleh presiden dan para peserta. kemudian presiden memberi pesan tolong ikuti acara ini dengan baik, ga perlu aneh2, hari terakhir harus berkesan. dan semua peserta menyanggupinya. kemudian panitia dan para mentor memasuki gedung disambut oleh tepuk tangan yang meriah oleh peserta. tp ada yang sedikit berbeda dari raut wajah mereka jadi agak tegas. materi hari ini merupakan perkenalan masing2 jurusan. jadi yang Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati akan diperkenalkan oleh ketua Prodi dr. Dalfian Adnan T.K D.K.

kita diperkenalkan sejarahnya, visi misinya, kemudian di perkenalkan juga akademiknya oleh dr. Sri Maria Puji Lestari, M.Pd.Ked. doi ini orang Serang lho... menempuh pendidikan dokter di UNDIP dan S2 Pendidikan dokter di UI. doi jg Pembina KARIM FK. KARIM itu kaya semacam Lembaga Dakwah Kampus Fakultas Kedokteran. disini dijelasin kalo kedokteran UNMAL itu ada 4 pembelajaran. ada Praktikum, Tutorial, Skill Lab sama Lecture (kuliah dengerin dosen di kelas) kalo praktikum ya semua tau lah praktikum gmn, di smp sma jg udah pernah. ada yg namanya Tutorial. tutorial itu jadi kaya semacam kita diberi kasus, nah kasus itu kita ulas, kita analisis, kita cari akar permasalahannya. Tutorial itu nama lainnya PBL lah, Problem Based Learning. jadi kita pelajari kasus atau masalah. dan dipraktekin oleh beberapa dosen kedokteran yang ada digedung

materi selanjutnya Etika dan Peraturan akademik. disini dijelasin setiap di perkuliahan pasti ada etikanya, contohnya etika janjian sama dosen lewat sms, harus salam, harus sebut nama, langsung ungkapkan permintaan, mohon maaf jika menganggu, dan di akhiri ucapan terima kasih. dan juga waktu untuk sms saat jam kerja dan jangan pakai bahasa alay!

kemudian sebelum sholat jumat ada sedikit perkenalan oleh BEM FK.

Setelah sholat jumat dan makan siang prasmanan, ada demo UKM. jadi setiap UKM didemonstrasi kan oleh UKM Universitas. ada UKM ROHIMA (Rohani Islam Mahasiswa), MAHAPALA (Malahayati Pencinta Alam), TBM SAR MEDIS CORONARIUS (Tim Bantuan Medis Search And Rescue), MENWA (Resimen Mahasiswa) ada Satu Hati (Kaya silat gitu). ada satu UKM yang menurut gua kesannya agak radikal, yaitu DEMA. jadi ketuanya itu menggunakan Almet, dan banyak bgt logo-logo yang terpasang di almetnya. ketuanya demonstrasinya menggunakan toa (tau kan toa) jd kesannya akan turun ke jalan. tp itu KESAN GUA, gatau kalo kesan orang lain gmn. dan gua jg gatau kalo ikut2an DEMA ngapain aja, program kerjanya apa aja, rutinitasnya ngapain aja. itu hanya kesan! gua gatau yang sebenarnya gimana.

setelah perkenalan UKM sekitar jam setengah 6 kurang, kita disuruh kembali ke kamar, mandi membawa almet tp disimpen dulu di tas dan siap2 buat malam kreasi sekaligus peresmian mahasiswa oleh Rektor.

jam 19.15 udah di gedung, udah ganteng, udah kece max lah.

jam 19.45 peresmian dimulai, tp bukan rektor yang meresmikan, tp diwakilkan oleh wakil rektor 3. dan kita semua melepas name tag dan mengenakan almet. disitu kesannya spt "Selamat menjadi mahasiswa, alamamater universitas lah yang akan dibawa kemana2. jaga almamater itu. Tugas mahasiswa lah menjaga almamater itu."

setelah itu, ada sedikit sambutan dari wakil rektor 3 dan mulai lah malam kreasi, ada nyanyi, ada teater, ada dance dan acara malam kreasi sampai jam 12 kurang.

-

(Extra Episode)
hari sabtu ada registrasi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) KTM itu dipakai buat bayar uang kuliah. KTM ini bekerja sama dengan bank BNI.


selama 3 hari, banyak banget perbedaan yang gua rasakan peralihan dari SMA ke kuliah, dari siswa ke mahasiswa. dan menurut gua Mind Set yang gua tanam tidak cocok lagi untuk ranah mahasiswa. dan udah gua udah mulai menanamkan prinsip dan mind set gua untuk kedepannya.

oke cukup segitu aja Siluet PKKMB, sebuah tulisan yang tidak ada mutunya sama sekali. tunggu karya tulis gua selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar